Cara Pengisian EMIS Tanggap Covid 19 [Kesiapan Madrasah]

EMIS Tanggap Covid-19 merupakan laman daftar periksa kesiapan madrasah dalam melaksanakan proses pembelajaran di tahun pelajaran 2020/2021 yang disediakan oleh Ditjen Pendis guna pengambilan kebijakan terkait akan dimulainya tahun pelajaran baru 2020/2021. Panduan daftar periksa EMIS Tanggap Covid-19 (e-tc19) beralamatkan dihttp://emisdep.kemenag.go.id/e-tc19/ , laman ini disediakan untuk seluruh satuan pendidikan dibawah Ditjen Pendis Kemenag mulai dari RA, MI, MTs, MA, SPM, PDF, PK-PPS hingga PTKI. Kanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kabupaten/Kota dalam mempersiapkan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun pelajaran baru dan tahun akademik baru di masa pandemik Covid-19. Batas waktu pengisian oleh setiap satuan pendidikan selambat-lambatnya tanggal 26 Juni 2020.

Pengisian EMIS Tanggap Covid 19

EMIS Tanggap Covid-19 digunakan untuk mengukur kesiapan madrasah dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di tahun pelajaran 2020/2021 sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

EMIS Tanggap Covid-19 juga digunakan sebagai penentu kebijakan bagi Ditjen Pendis Kemenag untuk menentukan kebijakan pendidikan Islam ditengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cara Download dan Cetak BAP Emis MAdrasah Online Tahun 2020

Sehingga dalam melaksanakan pembelajaran ditahun pelajaran baru ditengah pandemi Covid 19, keselamatan warga sekolah merupakan hal yang utama. Sehingga EMIS Tanggap Covid-19 untuk mengukur kesiapan tiap madrasah.

Cara Pengisian  EMIS Tanggap Covid 19

Seluruh satuan pendidikan di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI (RA, MI, MTs, MA, SPM, PDF, PK-PPS dan PTKI) diwajibkan untuk mengisi Daftar Periksa Kesiapan Satuan Pendidikan dalam menghadapi tahun ajaran dan tahun akademik baru di masa pandemi Covid-19, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Buka laman web : http://emisdep.kemenag.go.id/e-tc19/ ;

2. Login dengan menggunakan akun EMIS (username dan password) yang sudah dimiliki;

3. Setelah berhasil login, akan muncul daftar pertanyaan yang dibagi menjadi 4 (empat) menu, yaitu:

Menu: Ketersediaan Sanitasi

Ketersediaan : pilihan tersedia atau tidak

Verifikasi : Upload bukti berupa foto atau dokumen, dan wajib

Tindak Lanjut : bagi yang belum memenuhi, apa tindak lanjutnya, bisa dibuat isian.

Daftar pertanyaan:

  • Toilet atau kamar mandi bersih;
  • Tempat cuci tangan menggunakan air yang mengalir menggunakan sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer);
  • Disinfektan;

Menu: Ketersediaan Fasilitas Kesehatan;

Daftar pertanyaan:

  • Mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, klinik, rumah sakit, dan lainnya;
  • Kesiapan Satuan pendidikan dalam menerapkan area wajib masker kain atau masker tembus pandang bagi yang memiliki peserta didik disabilitas rungu;
  • Thermogun (pengukur suhu tubuh);

Menu: Pemetaan Warga Satuan Pendidikan; dan

  • Data warga satuan pendidikan yang memiliki memiliki kondisi medis comorbid (penyakit penyerta) yang tidak terkontrol;
  • Data Data warga satuan pendidikan tidak memiliki akses transportasi yang memungkinkan penerapan jaga jarak umum;
  • Data Data warga satuan pendidikan yang memiliki riwayat perjalanan dari zona kuning, oranye, merah dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari
  • Data warga satuan pendidikan yang memiliki riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri selama 14(empat belas) hari.

Menu: Kesepakatan

Daftar pertanyaan:

  • Membuat kesepakatan bersama komite sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, terkait kesiapan melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan;

Pada menu ini, operator madrasah mengupload dokumen kesepakatan yang telah dibuat oleh pihak madrasah bersama dengan komite madrasah yang berisikan tentang komitmen bersama untuk memulai pembelajaran tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Untuk contoh format kesepakatan bersama Pihak Madrasah dengan Komite Madrasah, silahkan unduh Disini: Download Nota Kesepatakan .

Silahkan unduh Dokumen kelengkapan penyelenggaraan Pembelajaran tatap muka disini:

Silahkan download dan disesuaikan dengan format masing-masing madrasah serta disesuaikan sesuai kebutuhan madrasah masing-masing.

Jawab seluruh pertanyaan yang ditanyakan pada masing-masing menu dengan memilih jawaban tersedia atau tidak tersedia. Jika jawabannya tersedia, wajib melampirkan data pendukung, berupa foto atau dokumen, dalam bentuk file pdf melalui kolom Verifikasi (klik tombol browse). Jika data pendukung (foto) untuk satu pertanyaan lebih dari satu, dapat digabungkan dalam 1 file pdf.

Catatan:

  • Untuk pertanyaan tentang ketersediaan toilet atau kamar mandi bersih. Jika Tersedia, wajib melampirkan foto toilet atau kamar mandi yang tersedia.
  • Untuk pertanyaan tentang ketersediaan fasilitas kesehatan. Jika Tersedia, wajib melampirkan data berupa daftar fasilitas kesehatan terdekat yang dapat diakses dan/atau dokumen foto pendukung.
  • Untuk pertanyaan tentang pemetaan warga satuan pendidikan. Jika Tersedia, wajib melampirkan data berupa daftar identitas warga satuan pendidikan sesuai dengan data yang diminta dalam masing-masing pertanyaan.
  • Untuk pertanyaan tentang kesepakatan. Jika Tersedia, wajib melampirkan dokumen kesepakatan yang sudah tersedia.

Jika jawabannya Tidak Tersedia, isikan langkah tindak lanjut yang akan dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan (jika ada) pada kolom Tindak Lanjut.

Batas waktu pengisian tanggal 26 Juni 2020 pukul 23.59 WIB

Download Surat Edaran dan Panduan  EMIS Tanggap Covid 19

Silahkan Bapak/Ibu mengunduh Surat Edaran dan Panduan  EMIS Tanggap Covid 19 berbentuk pdf melalui tautan berikut ini: Download File.

Demikianlah informasi tentang Panduan Pengisian EMIS-Tanggap Covid 19 [Kesiapan Madrasah , semoga dapat membawa manfaat.

Kami_Madrasah